Minggu, 12 Februari 2017

12 Tips Praktis Menambah Kreativitas





Bisnis erat kaitannya dengan kreativitas pemiliknya. Gimana dengan kemampuannya menciptakan hal-hal baru yang unik, inovatif, membuat bisnisnya terus berkembang meninggalkan pesaingnya. Nah, bagi kamu yang ingin menjadi seorang businessman, diharapkan mampu memperbaiki dan mengembangkan kreativitasmu. Setuju??


Berikut Ada 12 Tips yang saya berikan untuk memperbaiki kreativitasmu. Semua tips yang saya share harus dimulai dari dirimu dengan menyadari bahwa cara berpikir dengan tidak kreatif akan sangat berbahaya dalam kehidupanmu kelak.

Silakan disimak!

1. Jangan Batasi Diri Kamu (to Limit Self).

 



Jangan batasi dirimu, saudara-saudarimu, teman-temanmu dan orang-orang terdekatmu, biarkan diri ini mampu menembus batasnya, kecuali masalah moralitas dan integritas. Jangan batasi dirimu dengan rutinitas yang ada, mengambil langkah terlalu mudah. Ambil langkah yang menurut kamu susah! Keluar dari zona nyamanmu, lakukan hal-hal baru yang menantang.









2. Cobalah Menjalani dan Menjelajahi Jalan-jalan/Tempat-tempat Baru. 





Kalau kamu lagi mengendarai motor/mobil nih, coba deh di saat pergi lewat jalan A, dan di saat pulang lewat jalan B. Kamu bisa saja menemukan tempat atau inspirasi yang baru dalam hidupmu. So, jangan takut untuk mengeksplor lebih luas dalam hidupmu.





3. Eksposlah Dirimu dengan Orang yang Berbeda-beda.




Datangi mereka, ajak kenalan, ajak ngobrol, sharing cerita dan pengalaman seru, ubah pergaulanmu. Seperti kata orang tua jaman dahulu, "Jangan pernah pilih-pilih teman dalam bergaul". Bisa saja mereka yang tadinya kamu tidak mau untuk ngajak ngobrol, dapat memberi pelajaran hidup yang berarti untukmu.


4. Coba Tempa Dirimu dengan Ketidakpastian.




Beranilah menghadapi tantangan-tantangan baru. Keluarlah dari selimut amanmu. Merantaulah! Move On lah! Hiduplah dalam lingkungan baru yang jauh dari aturan-aturan keluargamu,



5. Buatlah Selalu Suasana Baru.


Tips Menambah Kreativitas 1




Ubah letak susunan meja-kursi, ubah cat kamar, letak lukisan atau hiasan, tempat tidur beberapa bulan sekali. Biar ga bosan sama suasana di sekitarmu. latihlah berpikir dari hal-hal kecil. 


6. Gunakan Cara Berpikir Paradoks.




Apa itu paradoks? yaa, singkatnya paradoks itu hal-hal yang kontradiktif, ambigu, dan sejenisnya. Jadi coba pertanyakan hal-hal kecil, misal :
  • Kenapa bisa begini? 
  • Kok aneh gitu? 
  • Harusnya bagaimana?
Pertanyaan-pertanyaan yang membingungkan membuat pikiran kita bisa terbuka.. Mengerti?


7. Kembangkan Cara Berpikir Besar.






Jangan berpikir yang kerdil-kerdil seperti :
 
  • Rumah kecil tapi nyaman (kenapa ga berpikir rumah besar dan nyaman?) 
  • Hidup seadanya (kenapa ga hidup berkecukupan dan bisa membantu sesama?) 
  • Warung bakso (kenapa ga Restoran Besar?)

Mulailah berpikir bahwa anda bisa membuat hal yang-yang besar, misal :   
  • Bangunan tertinggi dan terbesar di dunia
  •  Bisnis termaju 
  • Restoran paling ramai

8. Jangan Turuti Mitos-mitos yang Berkembang.




Ingatlah, tak semua mentor-mentor anda scientist sejati, mereka juga bisa terbelenggu oleh mitos-mitos yang ada. Demikian juga orangtua, teman, atasan, ulama, konsultan, dan sebagainya. Cek dulu kebenarannya sampai benar-benar pasti dan meyakinkan.


9. Berpikirlah Kritis, Tetapi Juga Terbuka dan Positif.


12 tips menambah kreativitas


Jangan sambil menghujat, mengkritik pedas, atau hal-hal yang berbau menimbulkan konflik. Tinggalkan saja hal-hal negatif yang menyertaimu dengan senyuman. 



10. Lakukan Perjalanan-perjalanan Baru. 




Perluaslah wawasanmu dan kunjungilah daerah-daerah baru. Jangan bepergian ke tempat-tempat biasa yang selalu dikunjungi banyak orang, eksplorasilah tempat lainnya. Lihatlah daerah-daerah baru dan datangilah kehidupan-kehidupan yang belum kamu kenal.


11. Bacalah Bacaan-bacaan yang Beragam.
 



Selain mencari wawasan dengan bepergian, kamu juga bisa memperluas wawasanmu dengan membuka buku. Tutuplah buku-buku yang dasar dan tidak menantang. Perkaya dirimu dengan buku-buku self help dan teori, buku-buku pengembangan diri dan sejenisnya.



12. Ambillah Kesempatan-kesempatan untuk Mengembangkan Hal-hal yang Baru.




Ambillah risiko itu dan telusuri terus apa yang terjadi. Pelajarilah dan selalu bertindak proaktif dan memperbaiki segala hal yang muncul.



0 comments:

Posting Komentar